Menu

Mode Gelap

Pemkab Kutai Kartanegara · 27 Okt 2021 16:57 WIB

Klinik WPM Dispora Kukar Sudah Membina 1.257 Pengusaha Muda Selama Dua Tahun


 Klinik WPM Dispora Kukar Sudah Membina 1.257 Pengusaha Muda Selama Dua Tahun Perbesar

okeborneo.com – Kabid Kewirausahaan Kepemudaan dan Kepramukaan, Dispora Kukar, Aji Ali Husni mengungkapkan, klinik Wirausaha Pemuda Mandiri (WPM) sudah membina sekitar 1.257 orang pengusaha muda selama dua tahun terakhir.

Dispora Kukar sudah mendirikan Klinik WPM sejak tahun 2019 lalu dan sering menyelenggarakan berbagai pelatihan dan pendampingan. Tahun inipun mereka juga akan memfasilitasi beberapa pengusaha muda dengan memberikan sejumlah alat penunjang.

Fasilitas ini akan diberikan kepada beberapa pengusaha muda yang sudah dibina di klinik WPM selama satu tahun belakangan, berdasarkan hasil verifikasi tenaga ahli yang dimiliki Dispora. Meski tahun ini hanya sedikit, tapi bakal ada sembilan orang yang menerima bantuan alat penunjang.

“Karena wirausaha sendiri harus memiliki motivasi menyediakan alatnya sendiri. Tapi saat ini kita hanya memberikan peralatan penunjang, semacam stimulan,” ucapnya.

Selain itu, di klinik WPM memang disediakan fasilitas konsultasi dan pendampingan bagi pengusaha yang memerlukannya. Dirinya juga berharap agar wirausaha muda di Kukar bisa semakin bertambah lagi. “Ada yang bergerak di bidang kuliner, kosmetik, penjualan online, dan ada juga yang berjualan di warung,” sebut Ali.

Pihaknya mengharapkan pada tahun depan akan semakin banyak pemuda yang berwirausaha dan akan dibantu diberikan fasilitas penunjang.

“Memang tahun ini sedikit, hanya sembilan orang yang akan kita bantu setelah dilakukan verifikasi tim tenaga ahli yang kami miliki,” bebernya.

Disinggung mengenai bantuan yang diberikan, Ali menjelaskan pembentukan Klinik WPM sendiri dibarengi dengan kerjasama dengan perbankan yang ada, khusunya di Tenggarong.

Ali mengatakan pihak perbankan juga menunggu pengajuan pinjaman modal dari para wirausahawan muda. Bahkan sosialisasi kepada para pemuda sudah dilakukan agar mereka tidak ragu untuk memulai wirausaha.

“Karena sebelum mereka mengajukan pinjaman modal akan kami dampingi dulu bagaimana strategi mereka dalam berusaha, agar tidak merasa berat saat membayar cicilan pinjamannya,” pungkasnya. (adv/dkom/bdp/ef)

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Berangkat dari Tarsul Seorang Warga, Kini Jembatan Sebulu akan Segera Membentang di Sungai Mahakam

1 Juli 2024 - 14:42 WIB

Teks Foto : Bupati Kukar Edi Damansyah saat memimpin groundbreaking pembangunan tahap pertama Jembatan Sebulu (angga/okeborneo.com)

Pemkab Kukar Sudah Penuhi Akses Internet dan Telekomunikasi di 14 Desa Blankspot

1 Juli 2024 - 14:02 WIB

Teks Foto : Plt Kepala Diskominfo Kukar Solihin (Istimewa)

Terus Galakkan Program Dedikasi Kukar Berkah, Pemkab Kukar Sudah Salurkan Bantuan Kepada 54 Ponpes

1 Juli 2024 - 12:57 WIB

Teks foto : Kabag Kesra Kukar, Dendy Irwan Fahriza (angga/okeborneo.com)

Tak Ambil Pusing Pencalonannya di Pilkada 2024, Edi Damansyah Fokus Sejahterakan Rakyat

19 Mei 2024 - 16:10 WIB

Penasihat DWP Kementerian Kelautan dan Perikanan Lakukan Kunjungan ke Musium Mulawarman

27 April 2024 - 14:25 WIB

Tingkatkan Usaha Pelaku UMKM, Rendi Solihin Ajak Masyarakat Manfaatkan Kredit Kukar Idaman

24 Januari 2024 - 13:30 WIB

Trending di Home