Menu

Mode Gelap

Pemerintahan · 19 Sep 2021 20:03 WIB

Kolaborasi Kegiatan Pertama Kali Para Mitra di Mahakam Hulu


 Kolaborasi Kegiatan Pertama Kali Para Mitra di Mahakam Hulu Perbesar

okeborneo.com, KUTAI BARAT – Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah (PPRD) Samsat Kutai Barat, bersama Satlantas Polres Kutai Barat, dan PT. Jasa Raharja Perwakilan Samarinda, melaksanakan sosialisasi keselamatan berkendara. Kegiatan ini berlangsung pada 16-19 September 2021, dengan menyasar kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Mahakam Ulu, Kalimantan Timur.

Kepala UPTD PPRD Samsat Kubar, Akhmad Sarkawi, menerangkan, kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk dukungan mitra terkait di Samsat Kutai Barat untuk melakukan sosialisasi E -Samsat Bhabinkamtibmas, E- Delivery, Ketaatan Masyarakat dalam membayar Pajak Kendaraan dan tentunya keselamatan berkendara sebagai mitigasi untuk mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas di wilayah setempat.

“Walaupun angka potensi Pajak kendaraan di wilayah ini rendah, tapi kami optimis akan semakin meningkat untuk mendukung pembangunan melalui sistem bagi hasil Dispenda Provinsi Kaltim dengan Pemkab Mahakam Hulu,” ucapnya di sela-sela kegiatan.

Upaya ini dilakukan dengan berbagai kegiatan seperti pemetaan jalan, pemasangan rambu daerah rawan kecelakaan, pemasangan rambu peringatan kawasan padat penduduk, serta sosialisasi pajak kendaraan bermotor.

Di samping itu, dirinya menyatakan bahwa kegiatan ini juga dirangkaikan dengan sejumlah kegiatan sosial sebagai bentuk kepedulian terhadap penanganan pandemi covid-19.

“Semua mitra juga melakukan bakti sosial kepada masyarakat di sepanjang jalan, dan kita bagikan masker supaya masyarakat tetap taat protokol kesehatan,” imbuh Sarkawi.

Upaya pencegahan lakalantas juga dilakukan dengan pembagian helm & buku saku keselamatan lalu lintas, pemasangan sticker, dan penertiban kepada sejumlah pengendara dengan melakukan pendekatan persuasif.

“Masyarakat di sini kami sosialisasikan bagaimana mengedepankan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas dalam berkendara,” ucap KBO Lantas Kubar, Ipda Syamsul Hadi.

Kolaborasi ini diharapkan dapat mewujudkan 5 (lima) pilar keselamatan lalu lintas, yakni manajemen keselamatan jalan, jalan yang berkeselamatan, kendaraan yang berkeselamatan, perilaku pengguna jalan yang berkeselamatan, dan penanganan pra dan pasca kecelakaan.

“Selain langkah-langkah mitigasi, kami juga sudah lakukan kunjungan ke RS Gerbang Sehat Mahakam Ulu untuk koordinasi mengenai pelayanan bagi korban lalu lintas,” ucap A A Ngr Agung Abimanyu, Kepala PT Jasa Raharja Perwakilan Samarinda.

Pihaknya juga menggelar Pengutipan Iuran Wajib Kapal Sungai Jasa Raharja di dermaga Mahakam Hulu, mengingat banyaknya masyarakat yang menggunakan angkutan tersebut, dari dan ke Kabupaten Mahakam Ulu.

Meski demikian, saat ini pihaknya juga berfokus untuk meningkatkan kualitas pelayanan terutama agar masyarakat terhindar dari lakalantas.

“Fokus kita untuk menekan dan meminimalisir perisitiwa lakalantas, termasuk korban fatalitas yang saat ini angkanya didominasi oleh kejadian-kejadian out of control,” terang Agung.

Kegiatan ini ditutup dengan Sosialisasi Pajak Kendaraan, Keselamatan Ketertiban Lalu Lintas, Peran Fungsi Jasa Raharja dan Pelatihan Penanganan Kecelakaan Lalu Lintas, yang dirangkai dengan pemeriksaan kesehatan gratis (MUKL Jasa Raharja) yang dibuka oleh Wabup Mahulu Yohanes Avun, dan dihadiri oleh Camat Long Bagun, Tokoh Adat, Tokoh Agama, anak sekolah dan masyarakat. (ob1/ef)

Artikel ini telah dibaca 23 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Sektor Perikanan di Kukar Melejit, Rahmat Dermawan Puji Kepemimpinan Edi-Rendi

4 April 2024 - 15:19 WIB

Rahmat Dermawan

Mahasiswa Kukar di Malang Akui Rendi Solihin Gercep, Asrama Putra Segera Direhab Total

11 September 2023 - 13:28 WIB

Kebakaran Besar di Muara Kaman Pemkab Kukar Sigap Turunkan Bantuan Logistik

7 September 2023 - 14:10 WIB

Wabup Kukar Ajak Masyarakat Untuk Ramaikan Sebuntal Festival 2023

24 Agustus 2023 - 16:46 WIB

Pemkab Kukar Tumbuhkan Geliat Ekonomi dari Kukarland Festival dan Kukar Bershalawat

23 Agustus 2023 - 17:51 WIB

Diramaikan 8 Artis Nasional, KukarLand Festival Jadi Festival Terbesar di Kaltim dan Siap Pecahkan Rekor Muri

18 Agustus 2023 - 13:28 WIB

Trending di Pemerintahan