Menu

Mode Gelap

Kesehatan · 5 Okt 2021 08:25 WIB

Layanan PCR Semakin Murah


 Layanan PCR Semakin Murah Perbesar

okeborneo.com, SAMARINDA – Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Dinas Kesehatan Kalimantan Timur (Kaltim) yang berlokasi di Jalan Ahmad Dahlan Samarinda ini, sudah memberlakukan tarif baru untuk tes PCR, guna mendeteksi virus Covid-19.

Kepala UPTD Labkesda Kaltim Agus Joko Praptomo menyebutkan, tarif yang diberlakukan saat ini untuk PCR adalah Rp 450 ribu. “Kami mengikuti ketentuan pemerintah. Karena itu, kami mengikuti ketentuan mengenai tarif ini,” sebut Agus.

Diketahui, tes PCR ini merupakan jenis pemeriksaan untuk mendeteksi pola genetik (DNA dan RNA). Hingga saat ini, tes PCR merupakan tes yang paling direkomendasikan Badan Kesehatan Dunia (WHO) untuk mendiagnosis COVID-19.
Tarif PCR yang diberlakukan tersebut, jauh lebih efisien dibandingkan dengan tarif di laboratorium milik swasta yang ada di Kota Samarinda. Harapannya, tarif tersebut bisa membantu warga yang ingin melakukan pemeriksaan mandiri, termasuk bagi yang ingin bepergian ke luar kota menggunakan pesawat udara.
Bahkan sebelumnya, diberikan tarif khusus untuk warga yang mengikuti seleksi tes calon aparatur sipil negara yakni Rp 250 ribu. Lagi-lagi, hal tersebut untuk membantu para calon peserta tes masuk ASN.

Dikatakan Agus, hasil pemeriksaan dari tes PCR akan langsung masuk ke aplikasi pedulilindungi. Sehingga, warga yang melakukan tes, tidak perlu lagi menunggu atau mengambil hasilnya ke Labkesda.


Tak hanya layanan untuk Covid 19, Labkesda milik Pemprov Kaltim ini juga melayani layanan laboratorium lainnya seperti paket medical check up standar hingga paket lengkap. Termasuk melayani tes pasca Covid 19 serta pemeriksaan untuk mengetahui antibodi Covid. (*/ob1/ef)

Artikel ini telah dibaca 29 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ditandai Dengan Senam Zumba Bersama, Pembukaan Expo HKG PKK ke-51 Resmi Dibuka

18 Juli 2023 - 21:53 WIB

Binda Kaltim Gelar Vaksinasi di Desa Jembayan

25 Juni 2022 - 14:20 WIB

RSUD AM Parikesit Siap Tampung Pengidap Hepatitis Akut

10 Mei 2022 - 20:42 WIB

Varian Omicron Terkonfirmasi di Kukar, Kadinkes Minta Masyarakat Segera Lakukan Vaksinasi

14 Februari 2022 - 13:38 WIB

Antusias Warga Ikuti Vaksinasi dari Binda Kaltim

19 Januari 2022 - 04:25 WIB

BINDA Kaltim Gelar Vaksinasi Hingga Malam Dengan Target Pekerja dan Buruh

15 Desember 2021 - 08:38 WIB

Trending di Kesehatan