Menu

Mode Gelap

Uncategorized · 10 Mar 2022 17:56 WIB

Mantan Seniman LPKK Gelar Haul dan Doa Bersama untuk Kenang Seniman yang Telah Tutup Usia


 Mantan Seniman LPKK Gelar Haul dan Doa Bersama untuk Kenang Seniman yang Telah Tutup Usia Perbesar

okeborneo.com, KUTAI KARTANEGARA – Sejumlah 40 orang seniman dan seniwati yang dahulu tergabung dalam Lembaga Pembinaan Kebudayaan Kutai (LPKK). Menyelenggarakan haul dan doa bersama untuk mengenang 62 orang seniman asal Kukar, yang telah tutup usia. Rabu (9/3/2022).

Acara yang berlangsung di taman rekreasi Kembang Jaong, Tenggarong, Kukar ini diperakarsai oleh mantan pengurus, seniman, dan seniwati, yang pernah mengabdi di LPKK. Sejak tahun 1972 hingga 2008 atau selama 40 tahun lamanya berkarya. Sebelum akhirnya lembaga ini vakum tahun 2008, lalu. Kegiatan ini tidak hanya mendoakan para seniman yang telah wafat, namun juga menjadi ajang silaturahmi dan nostalgia para seniman yang pernah berkarya bersama.

Mantan Ketua LPKK, Misra Budiarto menjelaskan, bahwa kegiatan haul bagi seniman dan seniwati asal Kukar, ini. Adalah sebuah bentuk penghargaan kepada seniman yang telah tutup usia. Dan sekaligus mempererat tali silaturahmi antar mantan seniman LPKK. Dirinya menambahkan dari 62 orang seniman yang telah berpulang, dahulunya mereka telah berkecimpung di dunia seni Kukar sejak tahun 1972 hingga tahun 2008, dan tak terhitung lagi karya dan pertunjukkan seni yang telah ditampilkan, mulai tradisi dan kontemporer.

“Karya seni yang sudah ditampilkan seniman LPKK tidak tehitung lagi, dari mulai pendirinya pak zais, pagelaran seperti Erau, acara tingkat nasional maupun mengunjungi 20 negara lain untuk promosi budaya Kutai Kartanegara,” sebut Misra.

Selain itu dengan pernah adanya LPKK, semua seniman asal kukar mulai dari perorangan, kelompok, dan komunitas, semua berkarya bersama, di lembaga itu. Bila di hitung ada banyak seniman yang pernah tergabung dalam LPKK, dimulai, penyanyi, pemusik, penari, teater, tarsul, dan sastrawan. “Dan semua bidang kesenian saat itu jalan semua,” jelasnya.

Saat ini dirinya dan para seniman lainnya yang pernah berkarya bersama, juga berpesan. Agar pemerintah daerah saat ini bisa memprioritaskan seni dan budaya di Kukar. Pasalnya daerah ini kaya akan seni maupun budaya yang patut dilestarikan. Namun kenapa sekarang seni dan budaya daerah saat ini seperti tidak lagi ada daya tarik. Nilainya, karena kurangnya support dan lembaga yang menaungi. Selain itu, dalam waktu dekat Ibu Kota Negara “Nusantara” segera berdiri di Kaltim, “maka harus ada keseriusan untuk mempertahankan dan melestarikan kesenian asli Kukar,” akhirnya.

Selain itu, Mantan Sekertaris LPKK, Erwin Junaidi, menambahkan. Seniman asal Kukar dahulu disebutnya sangat terkenal dan karya-karyanya juga telah melalang buana, dari tingkat nasional dan internasional.

Membekas di ingatannya. “Prestasi kita saat itu pada tahun 78 juara satu nasional untuk tari tradisional, dengan membawa tarian gantar pahlawan. Dan saya sebagai salah satu penari saat itu,” sebutnya.

Lanjutnya, dahulu dalam kegiatan seni yang digagas pemerintah daerah LPKK tidak pernah luput dari fungsinya. Pihaknya selalu terlibat untuk memberikan pelatihan dan memperkenalkan kearifan lokal tujuan utamanya yakni agar Kukar di kenal oleh domestik dan mancanegara.

Bahwa saat ini nilainya pihak-pihak terkait, minim melakukan regenerasi seniman. Oleh sebab itu sebetulnya dengan adanya kelompok seni saat ini dapat menjadi solusi untuk mengembalikan marwah seni kutai. Dan jika bisa, LPKK bisa kembali di revitalisasi atau dihidupkan agar fokus untuk melestarikan seni dan budaya setempat. (atr/ob1/ef)

Artikel ini telah dibaca 13 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Keren! Usai Nonton Kukarland Festival 2023, Wabup Rendi Solihin Terjun Langsung Punguti Sampah

24 September 2023 - 10:37 WIB

Hasil Rapat Penanganan Karhutla, BPBD Kukar Sepakati Akan Bentuk Pos di Tiga Zona

6 September 2023 - 17:31 WIB

Gelar Rakerda ke-II, IWAPI Dorong Peran Pengusaha Perempuan Dalam Pertumbuhan Ekonomi Kaltim

14 Agustus 2023 - 14:42 WIB

Antisipasi Kerugian Petani di Musim Kemarau, Distanak Siapkan Asuransi Usaha Tani

10 Agustus 2023 - 12:10 WIB

Dekatkan Diri Dengan Konsumen dan Masyarakat, Astra Motor Gelar Showroom Event

29 Juli 2023 - 14:55 WIB

Gelar Workshop Pendidikan PAUD, Hetifah Dorong Kemandirian Anak-anak

28 Juli 2023 - 14:47 WIB

Trending di Home