Menu

Mode Gelap

Pemkab Kutai Kartanegara · 28 Apr 2023 15:00 WIB

Sediakan 430 Jenis Layanan Publik , MPP Ramai Dikunjungi Ratusan Masyarakat


 Situasi Mal Pelayanan Publik, Tenggarong - Kutai Kartanegara Perbesar

Situasi Mal Pelayanan Publik, Tenggarong - Kutai Kartanegara

okeborneo.com, KUTAI KARTANEGARA – Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) yang dinaungi oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Kini telah memiliki 430 jenis layanan dari 28 entitas pelayanan publik yang ikut berkantor di MPP.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Kepala Dinas DPMPTSP Kukar, Bambang Arwanto, saat ini banyak pelayanan yang sudah bisa di akses langsung oleh masyarakat di MPP. Seperti layanan pajak, imigrasi, pembuatan paspor, notaris, kesehatan, kantor pos, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, perbankan, layanan usaha, pembuatan KTP, pendaftaran nikah, hingga penyediaan wadah melangsungkan akad nikah.

Sejak dibuka Februari lalu, Bambang menyebutkan, masyarakat yang ingin mengurus administrasi terus mengalami peningkatan. Yang awalnya hanya puluhan orang yang datang. Sekarang bisa mencapai 400an orang per harinya.

“Ratusan per hari untuk semua layanan. Layanan paling banyak diakses adalah pajak, imigrasi, Samsat, dan Dukcapil,” ujar Bambang.

Sedangkan untuk Indeks kepuasan publik terhadap MPP telah mencapai 93,11 persen dengan delapan variabel yang dapat dipenuhi dengan sangat baik, kategori A+. Sebab, pengunjung yang telah mendapat pelayanan publik akan diberikan kuesioner sebagai umpan balik layanan yang diberikan.

“Bahkan beberapa camat juga meminta agar kami melakukan sosialisasi di kecamatan sehingga masyarakat mengetahui bahwa MPP sudah membuka pelayanan publik yang lengkap.  Dan ini akan dilakukan secara bertahap, ” pungkasnya.

“Beberapa Camat juga sudah meminta agar kami melakukan sosialisasi di kecamatan agar masyarakat tahu bahwa MPP sudah membuka layanan publik yang lengkap. Ini akan kita lakukan bertahap, karena warga kecamatan masih banyak yang belum mengetahui,” jelasnya.

Kedepannya, pihaknya akan mengubah MPP menjadi digital secara keseluruhan, terfokus untuk layanan kesehatan. Bambang mengatakan, bakal segera mencoba teknologi yang sedang ramai diperbincangkan banyak masyarakat dunia yaitu dengan menggunakan teknologi metaverse. (adv/diskominfo/atr/ob1/ef)

Artikel ini telah dibaca 55 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tak Ambil Pusing Pencalonannya di Pilkada 2024, Edi Damansyah Fokus Sejahterakan Rakyat

19 Mei 2024 - 16:10 WIB

Penasihat DWP Kementerian Kelautan dan Perikanan Lakukan Kunjungan ke Musium Mulawarman

27 April 2024 - 14:25 WIB

Tingkatkan Usaha Pelaku UMKM, Rendi Solihin Ajak Masyarakat Manfaatkan Kredit Kukar Idaman

24 Januari 2024 - 13:30 WIB

Rendi Solihin Pastikan Beasiswa Kukar Idaman Kembali Dibuka di 2024

23 Januari 2024 - 20:22 WIB

Rendi Solihin Serahkan Bantuan Bus Sekolah ke Kecamatan Muara Jawa

20 Januari 2024 - 16:47 WIB

PAD Tahun 2023 Lepas Target, Bupati Kukar Akan Lakukan Evaluasi

3 Januari 2024 - 19:02 WIB

Trending di Home