Menu

Mode Gelap

Pemkab Kutai Kartanegara · 2 Mei 2023 11:32 WIB

Sepanjang Libur Lebaran 2023, Ribuan Pelancong Serbu Wisata di Kukar


 Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin Perbesar

Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin

okeborneo.com, KUTAI KARTANEGARA – Seperti tahun-tahun sebelumnya, ribuan pelancong dari berbagai daerah di Kalimantan Timur (Kaltim) telah memadati destinasi wisata di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Tentunya momen libur Hari Raya Idulfitri 1444 H/2023 dimanfaatkan masyarakat untuk bepergian mendatangi tempat wisata untuk menghabiskan waktu bersama sanak keluarga.

Berdasarkan laporan Dinas Pariwisata Kukar, per23-25 April 3023 , sebanyak 11.646 wisatawan yang mendatangi lokasi destinasi wisata Kukar, diantaranya Waduk Panji Sukarame, Pulau Kumala, dan Pantai Tanah Merah Samboja. Tentunya ini menjadi angin segar bagi pelaku industri pariwisata di Kukar. Mengingat sebelumnya dalam dua tahun terakhir lokasi wisata sempat mengalami penurunan jumlah pengunjung yang disebabkan oleh Pandemi Covid-19.

Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin mengungkapkan, sampai saat ini pihaknya terus berupaya meningkatkan fasilitas dan kualitas lokasi wisata, terfokus yang dikelola oleh Pemkab Kukar, agar dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada wisatawan.

“Kukar ini telah menjadi bagian IKN, pastinya sektor pariwisata juga harus menjadi perhatian kami untuk terus dikembangkan, ” katanya, Senin(1/5/2023) kemarin.

“Kita terus berinovasi pada beberapa wisata unggulan seperti Pulau Kumala, pantai dan lainnya. Perlu penambahan dan penyesuaian fasilitas dan mempertahankan keasriannya,” sambungnya.

Selain itu, pemerintah daerah juga telah merancang sejumlah event pariwisata agar terus menarik kunjungan wisatawan, bagi dalma negeri maupun luar negeri.

“Kami juga saat ini sedang mempersiapkan beberapa event besar baik di kecamatan-kecamatan maupun Kabupaten guna menumbuhkan potensi-potensi lokal,” tuturnya.

“Kita optimis, Kukar akan menjadi tujuan utama warga IKN kedepannya untuk berwisata,” pungkasnya.

Sementara itu, Kabid Destinasi Wisata Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kukar, Ridha menambahkan, jauh hari sebelum hari libur lebaran 2023 dimulai, pihaknya telah mengirimkan surat edaran ke pengelola wisata. Surat edaran tersebut tak hanya berlaku untuk lokasi wisata yang dikelola pemerintah, namun juga untuk masyarakat maupun swasta.

Surat edaran itu sendiri berisi tentang antisipasi membludaknya jumlah kunjungan pada momen libur lebaran. “Kita imbau, semua termasuk pihak swasta, agar tidak memaksakan diri dengan menambah jumlah kapasitas. Disesuaikan saja dengan kapasitas dan kemampuan. Tapi, sejauh ini semua berjalan aman dan lancar,” ungkapnya.

Selanjutnya, pihaknya akan terus melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait agar dapat memaksimalkan potensi wisata yang terdapat di Kukar. “Untuk pengembangan destinasi wisata, kita lakukan sesuai dengan potensi di wilayah masing-masing,” tutupnya. (adv/diskominfo/atr/ob1/ef)

Artikel ini telah dibaca 14 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tak Ambil Pusing Pencalonannya di Pilkada 2024, Edi Damansyah Fokus Sejahterakan Rakyat

19 Mei 2024 - 16:10 WIB

Penasihat DWP Kementerian Kelautan dan Perikanan Lakukan Kunjungan ke Musium Mulawarman

27 April 2024 - 14:25 WIB

Tingkatkan Usaha Pelaku UMKM, Rendi Solihin Ajak Masyarakat Manfaatkan Kredit Kukar Idaman

24 Januari 2024 - 13:30 WIB

Rendi Solihin Pastikan Beasiswa Kukar Idaman Kembali Dibuka di 2024

23 Januari 2024 - 20:22 WIB

Rendi Solihin Serahkan Bantuan Bus Sekolah ke Kecamatan Muara Jawa

20 Januari 2024 - 16:47 WIB

PAD Tahun 2023 Lepas Target, Bupati Kukar Akan Lakukan Evaluasi

3 Januari 2024 - 19:02 WIB

Trending di Home