Menu

Mode Gelap

Pemkab Kutai Kartanegara · 28 Okt 2021 19:49 WIB

Upaya Deteksi Dini, Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Tingkat Kecamatan Dikukuhkan


 Upaya Deteksi Dini, Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Tingkat Kecamatan Dikukuhkan Perbesar

okeborneo.com, KUTAI KARTANEGARA – Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah melantik kepengurusan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) di Pendopo Bupati Kukar, Kamis (28/10/2021).

Untuk FKDM tingkat kecamatan, baru 5 kecamatan yang dikukuhkan yakni Tenggarong, Tenggarong Seberang, Sebulu, Loa Kulu, dan Loa Janan. Selanjutnya kecamatan-kecamatan lainnya juga akan segera dilakukan pengukuhan secara berkala.

Edi Damansyah mengatakan terbentuknya FKDM ini diharapkan dapat membantu mencegah konflik di Kukar. Jika ada potensi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat, maka FKDM dapat segera menyampaikan informasi tersebut kepada aparat terkait.

“Potensi gangguan harus dideteksi dengan baik dan dikoordinasikan dengan aparat di wilayah kecamatan agar penanganannya lebih cepat,” ucapnya.

Lebih lanjut dijelaskannya,terbentuknya FKDM Ini juga merupakan bagian dari optimalisasi forum-forum bentukan pemerintah.

“Ini semua tidak lepas dari peningkatan kapasitas sumber daya manusia di Kukar. Karena optimalisasi forum ini tidak hanya sebatas bentukan pemerintah saja, melainkan forum yang dibentuk oleh masyarakat juga,” jelasnya.

“Selain menjaga keamanan, ketenteraman, dan kondusifitas daerah, saya juga berharap yang lebih besar, misalkan nanti ada program pemberdayaan masyarakat mereka bisa terlibat di situ,” sambungnya.

Edi menegaskan pentingnya mewaspadai persoalan khususnya penguasaan lahan, terkait ekploitasi baru bara yang tidak memiliki izin ada masyarakat ingin tanahnya dibeli dan ada yang tidak. Oleh sebab itu, berkaitan dengan permasalahan seperti ini, pihaknya sudah berkoordinasi dengan unsur Forkopimda.

“Seperti kejadian yang terjadi di kecamatan Loa Kulu, informasinya disana menggunakan premanisme, namun sudah kita koordinasikan dengan Kapolres, Dandim serta unsur lainnya,” ucapnya.

Edi kembali menegaskan bahwa pihaknya tidak boleh kalah dengan premanisme, dan harus memberikan perlindungan kepada masyarakat.

“Kalau berbicara kamtibmas, peran masyarakat itu sangat menentukan dan selama ini itu sudah terbangun dengan baik di Kukar, saya berharap ini bisa dijaga dengan baik,” pungkasnya. (adv/dkom/bdp/ef)

Artikel ini telah dibaca 67 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tak Ambil Pusing Pencalonannya di Pilkada 2024, Edi Damansyah Fokus Sejahterakan Rakyat

19 Mei 2024 - 16:10 WIB

Penasihat DWP Kementerian Kelautan dan Perikanan Lakukan Kunjungan ke Musium Mulawarman

27 April 2024 - 14:25 WIB

Tingkatkan Usaha Pelaku UMKM, Rendi Solihin Ajak Masyarakat Manfaatkan Kredit Kukar Idaman

24 Januari 2024 - 13:30 WIB

Rendi Solihin Pastikan Beasiswa Kukar Idaman Kembali Dibuka di 2024

23 Januari 2024 - 20:22 WIB

Rendi Solihin Serahkan Bantuan Bus Sekolah ke Kecamatan Muara Jawa

20 Januari 2024 - 16:47 WIB

PAD Tahun 2023 Lepas Target, Bupati Kukar Akan Lakukan Evaluasi

3 Januari 2024 - 19:02 WIB

Trending di Home