Menu

Mode Gelap

Pemerintahan · 22 Feb 2022 14:45 WIB

Akses Jalan Pendamaran Ditutup Sementara, Pengguna Jalan Diminta Menggunakan Kapal Ferry


 Akses Jalan Pendamaran Ditutup Sementara, Pengguna Jalan Diminta Menggunakan Kapal Ferry Perbesar

okeborneo.com, KUTAI KARTANEGARA – Jalan akses menuju Dusun Pendamaran Desa Tuana Tuha Kecamatan Kenohan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) ditutup sementara terkait adanya perbaikan jalan, sehingga para pengguna jalan sementara akan dialihkan melalui sungai dan akan disediakan kapal ferry untuk mengangkut para pengguna jalan.

Akses jalan Dusun Pendamaran merupakan salah satu akses vital yang bisa menghubungkan kecamatan Kembang Janggut dan Tabang. Saat ini Dinas Pekerjaan Umum (PU) sudah melakukan peninjauan terkait rusaknya jalan dan akan segera diperbaiki.

Kabid Bina Marga Dinas PU, Restu Irawan mengatakan , pihaknya saat ini akan melakukan perbaikan melalui dana yang sudah terkumpul dari beberapa perusahaan melalui dana Forum TJSP.

“Untuk saat ini dana yang kita gunakan untuk perbaikan jalan darurat sebesar Rp 600juta melalui dana bantuan perusahaan dan sudah melakukan penimbunan saat ini, ” sebutnya, (21/2/2022) kemarin.

Pihaknya berencana untuk melakukan penimbunan terlebih dulu dipadatkan, baru nantinya dilewati. Pada hari Jumat sudah bersih, namun ternyata Sabtu padat (ramai) lagi truk-truk bermuatan tonase besar yang masuk. Akhirnya hancur lagi, macet lagi.

“Selama jalan itu dilakukan perbaikan, jalan ditutup untuk sementara waktu dan pengendara yang melintas disarankan menggunakan jalur alternatif, yaitu dengan kapal feri yang ada di kawasan sekitar, ” ucapnya.

Dirinya juga mengungkapkan, anggaran Rp 600 juta yang tersedia itu dikhususkan untuk penanganan sementara atau darurat saja, bukan untuk peningkatan badan jalan. Karena untuk melakukan peningkatan badan jalan harus memerlukan biaya yang sangat besar. Terlebih letak jalan tersebut kondisinya berada di daerah rawa dan rawan banjir apabila air Sungai Belayan meluap karena curah hujan yang tinggi.

“Saat ini pihaknya juga masih menunggu proses pelelangan untuk melakukan peningkatan badan jalan tersebut. Nantinya, jika proses itu sudah selesai, baru bisa dilaksanakan pengerjaan peningkatan badan jalan, ” pungkasnya. (atr/ob1/ef)

Artikel ini telah dibaca 30 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Sektor Perikanan di Kukar Melejit, Rahmat Dermawan Puji Kepemimpinan Edi-Rendi

4 April 2024 - 15:19 WIB

Rahmat Dermawan

Mahasiswa Kukar di Malang Akui Rendi Solihin Gercep, Asrama Putra Segera Direhab Total

11 September 2023 - 13:28 WIB

Kebakaran Besar di Muara Kaman Pemkab Kukar Sigap Turunkan Bantuan Logistik

7 September 2023 - 14:10 WIB

Wabup Kukar Ajak Masyarakat Untuk Ramaikan Sebuntal Festival 2023

24 Agustus 2023 - 16:46 WIB

Pemkab Kukar Tumbuhkan Geliat Ekonomi dari Kukarland Festival dan Kukar Bershalawat

23 Agustus 2023 - 17:51 WIB

Diramaikan 8 Artis Nasional, KukarLand Festival Jadi Festival Terbesar di Kaltim dan Siap Pecahkan Rekor Muri

18 Agustus 2023 - 13:28 WIB

Trending di Pemerintahan