Menu

Mode Gelap

Sosial · 24 Feb 2022 16:45 WIB

Bekantan Kembali Dilepasliarkan ke Alam Liar


 Bekantan Kembali Dilepasliarkan ke Alam Liar Perbesar

Sempat Masuk Pemukiman Masyarakat

okeborneo.com, KUTAI KARTANEGARA – Masyarakat di Desa Muara Kaman Ulu Kecamatan Muara Kaman Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), mendapati seekor satwa endemik Bekantan memasuki permukiman warga pada hari Selasa (22/2/2022).

Diduga bekantan masuk permukiman masyarakat karena berkurangnya jumlah makanan yang tersedia di hutan, sehingga membuat satwa liar berani memasuki permukiman masyarakat untuk mencari makanan.

“Ada masyarakat yang mengantar satwa endemik bekantan ke Polsek karena bekantan ini masuk ke warung untuk mengambil makanan, ” ucap Kapolsek Muara Kaman IPTU H. Hari Supranoto, Kamis (24/2/2022).

Baru besok paginya Polsek koordinasi sama Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kaltim yang di Samarinda, setelah komunikasi kemudian pada pukul 14.30 Wita ada dari BKSDA Resort Kukar yang menaungi dan sudah kita lakukan serah terimakan sekitar pukul 15.00 Wita.

“Hasil koordinasi kami dengan BKSDA itu nanti dilepasliarkan di Muara Kaman Ulu juga, karena habitatnya di sekitaran Sungai Kedang Rantau, ” tambahnya.

Adapun itu Polhut dari BKSDA Kaltim, Zainul Roziansyah mengatakan, Kalau dari info masyarakat sering bekantan ini muncul, masyarakat mengamankan bekantan tersebut karena ada beberapa faktor. Salah satunya adalah menganggu saat masyarakat biasa mengambil air dan sering mengambil makanan.

“Takut terjadi yang hal yang tidak di inginkan jadi diamankan, bekantan itu pun tidak liar bahkan terkesan jinak, ” jelasnya.

Dirinya menambahkan, terkait makanan sebenarnya masih berlimpah dihutan. Perkiraan mungkin karena dia kalah bersaing dari kelompoknya, dia mengasingkan diri. Cari situasi yang aman dan suasana yang baru. Jadi memilih permukiman atau ke daerah masyarakat biasa berladang.

“Saat ini bekantan sudah dilepas liarkan jaraknya 5 kilo meter (pinggir sungai) masuk daerah cagar alam Muara Kaman Sedulang. Kan habitatnya memang disini, dan Bekantan itu pintar berenang,” tandasnya. (atr/ob1/ef)

Artikel ini telah dibaca 38 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Mahakam Run 2024 : Explore the Beauty of East Borneo, Gagasan Hetifah Siap Kembali Digelar Tahun ini

9 Mei 2024 - 14:09 WIB

Hetifah Tegaskan Dorong Pelibatan Masyarakat dalam Event Pariwisata di Kukar

25 Maret 2024 - 20:35 WIB

Hetifah

IM3 Hadirkan Kampanye Nyatakan Silaturahmi dengan Freedom Internet dan Pasar Ramadan IM3 di Samarinda

14 Maret 2024 - 21:47 WIB

LSP Pembicara Kompeten Kini Miliki 11 Asesor Kompeten

13 Maret 2024 - 13:01 WIB

Hadapi Ramadan, Gelar Pelita Day 2024

12 Maret 2024 - 18:35 WIB

Kebakaran Besar di Muara Kaman Pemkab Kukar Sigap Turunkan Bantuan Logistik

7 September 2023 - 14:10 WIB

Trending di Home