Menu

Mode Gelap

DISPAR KUTAI KARTANEGARA · 10 Jun 2024 09:53 WIB

Festival Eroh Bebaya Sukes Digelar, Dispar Kukar : Ini Bagian Promosi Wisata dan Kebudayaan Kukar


 Festival Eroh Bebaya Sukes Digelar, Dispar Kukar : Ini Bagian Promosi Wisata dan Kebudayaan Kukar Perbesar

okeborneo.com, KUTAI KARTANEGARA – Festival Eroh Bebaya ke 6 yang diselenggarakan di Yogyakarta sukses diselenggarakan. Dimana, sejumlah penampilan dari Cahaya Kedaton, Olah Gubang, Bina Teater serta Jonok Art Samboja berhasil menghipnotis dan menarik perhatian masyarakat Jogja bahkan wisatawan asing.

 

 

Adapun Festival Eroh Bebaya ini terlaksana atas kerjasama Dinas Pariwisata (Dispar) bersama Ikatan Pelajar Mahasiswa (IPM) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) yang melanjutkan pendidikannya di Yogyakarta. Kegiatan tersebut berlangsung di Lapangan Parkir Denggung Sleman, Yogyakarta, selama dua hari terhitung sejak 7-8 Juni 2024.

 

Rangkaian acara Eroh Bebaya yakni dimulai dari dialog wisata, lomba olahraga tradisional seperti bakiak, begasing, dan egrang. Kemudian pameran stand-stand ukm dari beberapa opd. Serta pembagian makanan gratis khas Kutai yakni kue cincin dan kue kroncong.

 

Selain memperkenalkan budaya pariwisata yang ada di Kukar, event yang dikenal dengan sebutan Eroh Bebaya ini, juga sebagai obat rindu para pelajar dan mahasiswa asal Kukar yang tengah menempuh pendidikan di Yogyakarta.

 

Hal tersebut diungkapkan Plt Kadispar Kukar, Sugiarto. Dirinya mengatakan perhelatan Eroh Bebaya ini merupakan salah satu upaya Dispar Kukar, untuk memperkenalkan dan mempromosikan kekayaan budaya dan pariwisata yang ada di Kukar.

 

“Kita sama-sama menyaksikan Eroh Bebaya yang di selenggarakan di Sleman malam ini dan ini adalah hal penting bagi Dispar Kukar. Semoga setelah ini Kukar menjadi tujuan wisata untuk dikunjungi oleh masyarakat Jogja nantinya,” ungkap Sugiarto saat menyapa warga Jogja dalam sambutannya, Sabtu (08/06/2024)

 

Ia berharap agar ke depannya Pemkab Kukar dan Pemerintah Yogyakarta terus saling bergandeng tangan, untuk saling mempromosikan budaya serta pariwisata daerah.

 

“ Ini sebagai promosi bagaimana kami memperkenalkan budaya Kukar. Malam ini kita mengusung 3 budaya, mulai dari keraton pedalaman dan pesisir.” Terangnya

 

Plt Kadispar Kukar tersebut juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang terlibat pada event Eroh Bebaya ini, khususnya pemerintah Yogyakarta.

 

“ Terima Kasih dan Apresiasi tinggi kepada semua pihak yang telah mengsukseskan event ini mulai dari Jajaran Dispar Kukar, IPM Jogja, Dispora Kukar, Diskop Kukar, pelaku UKM, dan pihak lainnya.” Tandasnya

 

Sugiarto menyebutkan, dengan telah terlaksananya Eroh Bebaya Jogja dan Eroh Begenjoh Malang sebelumnya. Dirinya memastikan event-event seperti ini kedepannya akan lebih meriah lagi. Dan pastinya akan melibatkan berbagai pihak.

 

“ Acara ini dan sebelumnya terbilang sukses. Saya berharap ini memberikan dampak positif bagi semua pihak khusunya Kabupaten Kutai Kartanegara. Mengingat Kukar merupakan daerah strategis IKN. Tentunya kita harus mempersiapkan semuanya.” Jelasnya

 

Sementara itu perwakilan IPM Jogja, yang merupakan ketua panitia penyelenggara Nathia Natalie. Menyampaikan terimakasih kepada Pemkab Kukar khususnya Dispar Kukar yang telah memfasilitasi dan mengsupport kegiatan yang mereka selenggarakan.

 

“ Terimakasih kepada Dispar Kukar atas semua supportnya ke kami, mulai dari pembiayaan dan semuanya. Kami sangat senang dan bahagia atas apa yang telah terselenggara. Semoga kedepannya tetap dan terus bisa menyelenggarakan event seperti ini dan lebih meriah lagi.” Ujarnya

 

Kegiatan ini dihadiri Staf Ahli Bidang Umum Pemkab Kukar Hediansyah, Fety Rendi Sholihin, Dispora Kukar, Diskop Kukar, Disdikbud Kukar dan tamu undangan lainnya.

 

Terakhir, acara Eroh Bebaya ini ditutup dengan menari bersama oleh seluruh pelajar dan mahasiswa Kukar diiringi nyanyian dan musik dari seniman Olah Gubang. (adv/disparkukar/atr/ob1/ef)

Artikel ini telah dibaca 31 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Festival Eroh Bebaya Berhasil Jadi Perhatian Masyarakat Lokal Hingga Turis Asing di Yogyakarta

12 Juni 2024 - 23:08 WIB

Edi Damansyah Lakukan Silaturahmi Bersama KTNA Muara Kaman

11 Juni 2024 - 15:10 WIB

Teks foto :istimewa

Sektor Wisata di Kecamatan Kota Bangun Berikan Dampak Bagi Pelaku UMKM

8 Juni 2024 - 21:13 WIB

Teks foto : Desa Wisata Pela

Dispar Kukar Ajak Pelaku Industri Pariwisata ke Yogyakarta untuk Studi Tiru

8 Juni 2024 - 14:32 WIB

Teks foto : Suasana Sharing bersama Pelaku Pariwisata Yogyakarta (angga/okeborneo.com)

Dispar Kukar Lakukan Study Tiru dan Sharing Seasons di Yogyakarta, Kembangkan Sektor Pariwisata

8 Juni 2024 - 12:32 WIB

Teks foto : Suasana study tiru oleh Dispar Kukar (angga/okeborneo.com)

Festival Kampong Seraong di Desa Jembayan Tengah Resmi Digelar

7 Juni 2024 - 17:57 WIB

Teks foto : Suasana pembukaan Festival Kampong Seraong (angga/okeborneo.com)
Trending di DISPAR KUTAI KARTANEGARA