Menu

Mode Gelap

Pendidikan · 17 Jul 2021 19:53 WIB

KKN Kutai Barat 01 Menggelar Pelatihan Website


 KKN Kutai Barat 01 Menggelar Pelatihan Website Perbesar

okeborneo.com, KUTAI BARAT – Kelompok KKN Kutai Barat 01 dari program KKN Angkatan ke-47 Universitas Mulawarman menyelenggarakan webinar dengan tema “Pelatihan dan Pengenalan WEBSITE” yang menyasar sejumlah desa/kelurahan yang ada di kabupaten Kutai Barat. Kegiatan ini menghadirkan pemateri Zainal Arifin selaku Koordinator Pusat Mulawarman University Press dan Sentra HKI, LP2M Universitas Mulawarman yang dipandu oleh Vinsensia Aprilla Ananda Icha sebagai moderator.

Turut Hadir Sekretaris Lurah Kelurahan Barong Tongkok Rikardo Wilda, Kepala Bidang TIK, Telematika dan Tata Kelola E-Government Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Kutai Barat Aspiah Nur serta mahasiswa KKN Angkatan 47 Universitas Mulawarman dari berbagai kelompok.

Dalam agenda KKN angkatan 47 yang memasuki minggu ke-4 ini membahas manfaat website desa yang menjadi titik awal dimulainya perkembangan suatu desa berbasis digital. Website desa memiliki fungsi sebagai portal informasi desa serta dapat dijadikan sebagai sumber sejarah perkembangan dari suatu desa. Dan dalam webinar ini dibahas secara mendalam mengapa website desa itu penting, harus dibuat atau dilaksanakan.

Selain itu saat ini penggunaannya sudah diatur oleh undang-undang, memiliki manfaat untuk meminimalisir kecurangan tingkat desa di mana seperti yang kita tahu anggaran dana itu disalurkan langsung oleh pemerintah pusat kepada pemerintah desa. Website desa juga bisa menjadi wadah untuk mengenalkan dan mengangkat potensi desa, sehingga dapat menarik investor yang dapat meningkatkan pemberdayaan dan pendapatan dari suatu desa sehingga dapat dikenal secara luas.

Terakhir manfaat yang bisa diperoleh jika desa/kelurahan memiliki website maka bisa memberikan keterbukaan informasi publik, sehingga informasi desa dapat disalurkan secara cepat dan mudah dijangkau oleh masyarakat.(*/ob1)

Artikel ini telah dibaca 24 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

FEB Untag Samarinda Gelar Pengabdian Masyarakat di Kedang Ipil

27 Mei 2024 - 19:30 WIB

Semangat Belajar di Tengah Keterbatasan: Kisah Inspiratif dari SMP Negeri 9 Kota Bangun

11 Mei 2024 - 07:40 WIB

SMP Negeri 3 Tanjung Redeb Gelar Pelatihan Jurnalistik

10 Mei 2024 - 17:11 WIB

Peringati Hari Pendidikan Nasional, PT CNL Berikan Bantuan Insentif Guru

3 Mei 2024 - 13:49 WIB

Gelar Penguatan Kapasitas Pegiat Pariwisata, Hetifah : Kita Siapkan Paser jadi Daerah Mitra Unggulan IKN

3 Mei 2024 - 13:38 WIB

Dorong Partisipasi Perempuan di Bidang Politik, DKP3A Kaltim- DP3A Kukar Berikan Advokasi

3 Agustus 2023 - 13:02 WIB

Trending di Advertorial