Menu

Mode Gelap
Ketua DPRD Kukar Ikut Ramaikan Lomba Begasing Alif Turiadi Pimpin Rapat Dengar Pendapat Terkait Pengadaan Sapi Bagi Kelompok Tani PD IAI Kaltim Peringati World Pharmacist Day 2022 Dua Mahasiswa S2 KPI UINSI, Jadi Penguji UKW di Palangkaraya Abdul Rasid Sebut Event Erau Berikan Dampak Positif Bagi Budaya Lokal

Hukum - Kriminal · 6 Sep 2022 17:04 WIB

350 WBP Lapas Diambil Sampel Darah


 350 WBP Lapas Diambil Sampel Darah Perbesar

okeborneo.com, TENGGARONG – Sebanyak 350 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas II A Tenggarong diambil sampel darahnya oleh tim dari Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD) Kutai Kartanegara kegiatan yang dimulai sejak hari Senin (5/9/2022) ini melibatkan Puskesmas Loa Ipuh dan LSM Mahakam.

Kegiatan ini merupakan skrining HIV dan TBC bagi WBP yang bertujuan sebagai upaya pencegahan penularan HIV dan TBC di dalam Lapas, mengingat dengan overcrowded penghuni serta riwayat kesehatan yang mungkin disembunyikan oleh WBP saat pertama kali masuk ke dalam lapas untuk menjalani pidana.

“Dengan potensi kerawanan ini dapat memicu stabilitas keamanan dan ketertiban didalam lapas,” jelas Kalapas Kelas II A Tenggarong, Agus Dwirijanto. Selasa (6/9/2022).

Agus Dwirijanto sangat menyambut baik kegiatan yang diinisiasi oleh pihak KPAD ini dan pihak menyampaikan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya serta berharap kegiatan ini dapat berkelanjutan kedepannya.

“Saya berharap kegiatan ini tidak berhenti di 350 orang WBP yang diambil sampelnya hari ini tapi seluruh WBP dapat di ambil sampelnya,” tambahnya.

Hasil dari kegiatan skrining ini terdapat sebanyak 74 orang WBP suspect TB dan 1 orang WBP reaktif HIV.

Terkait hasil tersebut, Koordinator Kegiatan Skrining, Rahmatsyah menyampaikan bahwa pihaknya akan melakukan tes lanjutan serta pendampingan dengan melibatkan pihak dari Lapas Kelas II A Tenggarong dan LSM Mahakam Plus.

“Kita akan melakukan tes kedua dan ketiga bagi WBP yang reaktif HIV dan tes dahak bagi WBP yang suspect TB,” ungkapnya

Berdasarkan temuan ini akan menjadi catatan dan evaluasi bagi KPAD dalam rangka penyusunan program kerja kedepan untuk wujudkan Kabupaten Kutai Kartanegara zero HIV/AIDS. (*/ob1/ef)

Artikel ini telah dibaca 11 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pakai Kunci Lemari, 31 Motor Berhasil Dicuri Rudiansyah

23 September 2022 - 20:34 WIB

Diduga Oplos Minuman Saset dengan Hand Sanitizer, Tiga WBP Tewas Satu Kritis

23 September 2022 - 20:10 WIB

BNNP Musnahkan Sabu-sabu Jaringan Kutim-Samarinda

23 September 2022 - 18:56 WIB

Oknum Agensi Artis Abal-abal Tipu Ibu di Samarinda, Rp 600 Juta Melayang

16 September 2022 - 18:20 WIB

Sinergi Polresta Samarinda dan Rutan Klas IIA Samarinda Ungkap Peredaran 1 Kg Narkoba

29 Agustus 2022 - 18:18 WIB

Tim Hyena Ungkap 1 Kilogram Sabu Enam Orang Diringkus Termasuk Pasangan Suami Istri

29 Agustus 2022 - 18:14 WIB

Trending di Hukum - Kriminal