Menu

Mode Gelap
Ketua DPRD Kukar Ikut Ramaikan Lomba Begasing Alif Turiadi Pimpin Rapat Dengar Pendapat Terkait Pengadaan Sapi Bagi Kelompok Tani PD IAI Kaltim Peringati World Pharmacist Day 2022 Dua Mahasiswa S2 KPI UINSI, Jadi Penguji UKW di Palangkaraya Abdul Rasid Sebut Event Erau Berikan Dampak Positif Bagi Budaya Lokal

Hukum - Kriminal · 17 Agu 2022 12:12 WIB

900 WBP Lapas Kelas II A Tenggarong Terima Remisi HUT ke – 77 RI


 900 WBP Lapas Kelas II A Tenggarong Terima Remisi HUT ke – 77 RI Perbesar

okeborneo.com, KUTAI KARTANEGARA – Total ada sebanyak 900 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Tenggarong mendapatkan remisi pada HUT ke – 77 Republik Indonesia (RI), Rabu (17/8/2022).

Kalapas Kelas II A Tenggarong, Agus Dwirijanto, mengatakan, dari total 900 WBP yang menerima remisi, terdapat sebanyak sembilan orang yang menerima Remisi Umum (RU) II yang langsung dinyatakan bebas.

Namun, ia menjelaskan, dari sembilan WBP yang menerima RU II, terdapat tiga orang yang dinyatakan langsung bebas, karena ketiga orang tersebut telah membayar denda/subsider masa tahanan.

“Tiga orang itu telah membayar denda/subsider sehingga langsung bebas, sedangkan untuk enam orang lainnya masih menjalani sisa masa tahanan karena mereka tidak membayar denda/subsider itu, ” ungkap Agus.

Agus mengatakan, untuk ke enam orang tersebut masa tahanannya tergantung putusan pengadilan, setiap WBP itu Masing-masing berbeda masa tahanannya.

Adapun sebanyak 891 WBP hanya menerima RU I yakni remisi pengurangan masa tahanan. Agus mengatakan, saat ini penerima remisi didominasi dari WBP yang tersangkut kasus penyalahgunaan narkotika.

“Hampir 75 % di Kukar ini didominasi oleh kasus penyalahgunaan narkotika,” sebutnya.

Untuk kasus terberat yang menerima remisi kali ini berasal dari kasus perlindungan anak, remisi ini bisa diajukan apabila WBP tersebut telah memenuhi persyaratan administratif dan substantif. “Ada yang masa tahanannya selama 13 tahun mendapatkan remisi pengurangan masa tahanan, ” ucapnya.

Sementara itu, teruntuk Lapas Perempuan Kelas II A Tenggarong sebanyak 276 WBP yang menerima remisi, dengan rincian RU II lima orang dan RU I sebanyak 271 orang.

“Untuk RU II tidak langsung bebas karena mereka belum membayar denda/subsider jadi mereka harus menjalani sisa masa hukuman , apabila mereka membayar denda itu akan otomatis langsung bebas, ” terang Kalapas Perempuan Kelas II A Tenggarong, Tri W.

Kemudian ,untuk Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Samarinda, ada tiga orang Anak Didik (Andik) yang mendapatkan RU II dan akan bebas hari ini. Sedangkan untuk RU I yang mendapat remisi satu bulan berjumlah 27 andik, lalu 11 Andik dapat remisi dua bulan, dan tiga andik mendapat remisi tiga bulan.

“Perlakuannya beda untuk syarat substantif sama administratif juga beda. Kalau dewasa harus sudah menjalani pidana 6 bulan minimal. Sedangkan untuk anak-anak minimal 3 bulan. Andik tidak ada subsider, diganti dengan pelatihan kerja,” tutup Kepala LPKA Kelas II Samarinda, Mudo Mulyanto. (atr/ob1/ef)

Artikel ini telah dibaca 9 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pakai Kunci Lemari, 31 Motor Berhasil Dicuri Rudiansyah

23 September 2022 - 20:34 WIB

Diduga Oplos Minuman Saset dengan Hand Sanitizer, Tiga WBP Tewas Satu Kritis

23 September 2022 - 20:10 WIB

BNNP Musnahkan Sabu-sabu Jaringan Kutim-Samarinda

23 September 2022 - 18:56 WIB

Oknum Agensi Artis Abal-abal Tipu Ibu di Samarinda, Rp 600 Juta Melayang

16 September 2022 - 18:20 WIB

350 WBP Lapas Diambil Sampel Darah

6 September 2022 - 17:04 WIB

Sinergi Polresta Samarinda dan Rutan Klas IIA Samarinda Ungkap Peredaran 1 Kg Narkoba

29 Agustus 2022 - 18:18 WIB

Trending di Hukum - Kriminal