Menu

Mode Gelap

DPRD Kota/Kabupaten · 23 Agu 2021 11:39 WIB

Alif Turiadi : Bantuan Alsintan Tingkatkan Hasil Pertanian


 Alif Turiadi : Bantuan Alsintan Tingkatkan Hasil Pertanian Perbesar

okeborneo.com, KUTAI KARTANEGARA – Penyerahan Alsintan yang disalurkan Wakil ketua komisi IV DPR RI Fraksi Gerindra Dapil Kalimantan Timur, G Budisatrio Djiwandono kepada sejumlah kelompok tani di Kutai Kartanegara (Kukar) diharapkan tepat sasaran untuk dapat meningkatkan produktivitas para petani.

Wakil Ketua DPRD Kukar, Alif Turiadi mengatakan aspirasi yang disalurkan rekan satu partainya ini dapat berdampak positif bagi hasil panen para petani di wilayah Kukar kedepannya.

“Kita berharap petani sangat terbantu dengan alat mekanisasi yang sudah kita bantu, tentunya ini berdampak kepada produktivitas para petani,” jelasnya Alif, saat ditemui usai penyerahan bantuan Alsintan di UPTD Balai Benih dan Palawija Kukar, Minggu (22/8/2021).

Alif menjelaskan petani selama ini masih banyak yang menggunakan cara manual sehingga memerlukan banyak tenaga dan banyak manusia. Dengan adanya alat ini mereka akan terbantu produksi hasil pertanian dan dapat meningkatkan swasembada pangan.

Lebih lanjut dikatakan Alif, pemerintah akan terus memantau alat yang telah disalurkan untuk digunakan sebagaimana mestinya

“Pasti jadi kita berharap bahwa alat ini betul-betul maksimal, nanti kelompok yang belum mendapatkan, tentunya kalau ini sudah selesai dipakai oleh kelompok yang bersangkutan bisa digunakan oleh kelompok yang lain, sambil menunggu bantuan-bantuan selanjutnya,” tandasnya.

Terpisah, Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Timur, Seno Aji mengatakan DPRD provinsi selalu mendukung kegiatan Bupati Kukar.

“Kami setiap hari komunikasi saat ini sedang fokus dengan visi misinya dibidang pertanian dalam arti luas, kemudian kami juga meminta DPR RI Dapil Kalimantan Timur Budisatrio sebagai Wakil Ketua Komisi IV DPR RI yang membidangi pertanian kami minta untuk menurunkan banyak bantuan di Kutai Kartanegara,” jelasnya.

Dijelaskannya pula, pihaknya juga akan menurunkan bibit-bibit dan pupuk-pupuk, supaya petani di Kukar ini bisa maju dan berkembang seperti visi dan misi Bupati.

“Pertanian dalam arti luas adalah salah satu investasi yang ada di Kutai Kartanegara, diluar dari sumber daya alam saya ada pak Alif Turiadi ada pak Budisatrio itu akan terus mendukung pak Bupati supaya masyarakat Kutai Kartanegara ini bisa mandiri dalam hal pangan,” ungkapnya.

Seno Aji menambahkan jika dengan alat-alat yang ada mereka sudah berkembang, pihaknya akan berikan bantuan stimulus selanjutnya.

“Mungkin ditahap operasional atau tahap panen atau tahap pemasaran seperti yang disampaikan pak Bupati, supaya mereka juga bisa menemukan pasar yang yang tepat sampai kesana,” pungkasnya.

Dari informasi yang dihimpun okeborneo.com, G Budisatrio Djiwandono akan menyalurkan alsintan berupa 7 unit Handtraktor R2, 4 unit Traktor R4, 10 unit Pompa air, 10 unit Handsprayer, 1 unit Combine Harvaster, 5 unit Power Theser, 1 unit Power Theser Multiguna Mobile, dan 1 unit Corn Sheler Mobile.

Bantuan ini akan disalurkan ke 10 kecamatan di Kukar yakni Kecamatan Sebulu, Tenggarong Seberang, Muara Badak, Loa Kulu, Marang Kayu, Loa Janan, Kota Bangun, Tenggarong, Kenohan, Samboja. (bdp/ob1/ef)

Artikel ini telah dibaca 19 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Hasil PAW, DPRD Kukar Resmi Lantik Ke-5 Legislator Baru Sisa Jabatan 2019-2024

9 Agustus 2023 - 17:21 WIB

Ketua DPRD Sebut Penyerapan Anggaran Akan Maksimal di Akhir Tahun

5 Agustus 2022 - 19:05 WIB

Ketua DPRD Kukar, Abdul Rasid

Pujiono Resmi Dilantik Sebagai PAW Anggota DPRD Kukar

5 Agustus 2022 - 17:27 WIB

Warga Muara Jawa Mengadu ke DPRD Terkait Kondisi Wilayahnya

25 Mei 2022 - 17:10 WIB

Curah Hujan Tinggi Sebabkan Banjir, Ria Minta Dinas PU Lakukan Pengecekkan Drainase

17 Mei 2022 - 21:09 WIB

MKKS Kukar Curhat Insentif ke Ketua Komisi IV DPRD Kaltim

13 April 2022 - 21:34 WIB

Trending di DPRD Kota/Kabupaten