Menu

Mode Gelap
Ketua DPRD Kukar Ikut Ramaikan Lomba Begasing Alif Turiadi Pimpin Rapat Dengar Pendapat Terkait Pengadaan Sapi Bagi Kelompok Tani PD IAI Kaltim Peringati World Pharmacist Day 2022 Dua Mahasiswa S2 KPI UINSI, Jadi Penguji UKW di Palangkaraya Abdul Rasid Sebut Event Erau Berikan Dampak Positif Bagi Budaya Lokal

Pemerintahan · 30 Mar 2022 19:35 WIB

Resmi Menjabat Kepala Dinas DPMD Kukar, Arianto Akan Lakukan Evaluasi


 Resmi Menjabat Kepala Dinas DPMD Kukar, Arianto Akan Lakukan Evaluasi Perbesar

okeborneo.com, KUTAI KARTANEGARA – Arianto resmi dilantik sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kutai Kartanegara (Kukar) dan telah melakukan Serah Terima Jabatan (Sertijab) yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar Sunggono.

“Pertama saya ucapkan syukur, hari ini sudah dilakukan Sertijab. Artinya sudah bisa melaksanakan tugas di DPMD Kukar. Yang pertama akan melakukan evaluasi terhadap apa yang sudah dilakukan, setelah itu mungkin akan di tindaklanjuti. Kedepan bersama teman-teman jajaran akan melaksanakan tugas,”ucapnya, Rabu (30/3/2022).

Dirinya juga akan melakukan percepatan, pengawalan, pelaksanaan Pilkades serentak yang akan dilaksanakan pada bulan September. Diketahui ada 86 Desa yang melakukan Pilkades serentak dan saat ini sudah tahap melakukan sosialisasi kepada panitia dan kepala desa.

“Panitia pemilihan sudah dibentuk di masing-masing desa, kemudian kami dari DPMD Kukar akan memberikan pembekalan. Terhadap apa-apa yang harus dilakukan, tugas daripada panitia pemilihan desa itu,” lanjutnya.

Dirinya menambahkan yang juga harus dilakukan oleh pihak DPDMD Kukar lakukan adalah melaksanakan program Rp 50 Juta per-RT. Program baru tersebut perlu sosialisasi dan pemahaman kepada pihak-pihak terkait. Khususnya kepada para RT yang melaksanakan itu.

“Ini juga akan DPDMD Kukar kawal untuk bisa dilaksanakan sebaik-baiknya. Nanti akan lihat proses pelaksanaannya, apa yang masih menjadi permasalahan kita akan diskusikan untuk diselesaikan,” sambungnya.

“Dan juga ada terkait APBDes, bagaimana percepatan pelaksanaan APBDes. Masih banyak desa yang belum melakukan pelaksanaan APBDes, dalam hal pencairan dana ADD dan dana desanya, serta pelaksanaan kegiatan itu. Ini harus segera didorong dan kawal,” tambahnya.

Di sisi lain ada target DPDMD Kukar juga bagaimana desa-desa itu memiliki BUMDes. Bahkan nanti targetnya ada BUMDes bersama. Sesuai ketentuan regulasi dan yang paling diharapkan bisa memberi kontribusi PAD kepada desa itu sendiri. “Karena DPMD ini terlalu lama di Plt kan, jadi perlu ada penataan internal,” tandasnya. (atr/ob1/ef)

Artikel ini telah dibaca 101 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ipprisia Gandeng PPJI dan Iwapi, Berdayakan UMKM Kaltim

23 September 2022 - 11:31 WIB

Feby Noor Ikhsan dan Fransisca Debby Octabayumi Dinobatkan Sebagai Teruna Dara Kukar 2022

20 September 2022 - 13:32 WIB

Ketua KI Kaltim Apresiasi Kejaksaan Tinggi Kaltim dan Kejari

13 September 2022 - 09:01 WIB

Pemkab Kukar Gelar Rakor Verifikasi dan Validasi DTKS 2022

5 September 2022 - 17:44 WIB

300 Pelajar di Kukar Dibekali Pendidikan Wawasan Kebangsaan

30 Agustus 2022 - 15:05 WIB

Gelar Jalan Santai, Farida Senang Bisa Silahturahmi Bersama Masyarakat Samboja

27 Agustus 2022 - 18:27 WIB

Trending di Pemerintahan