Menu

Mode Gelap

Hukum - Kriminal · 2 Jul 2021 20:50 WIB

Launching Aplikasi E-Kumala


 Launching Aplikasi E-Kumala Perbesar

okeborneo.com, TENGGARONG – Lapas Kelas II A Tenggarong meluncurkan aplikasi E-Kumala yang bisa diakses secara gratis di play store gadget android. Aplikasi ini dibuat untuk meningkatkan pelayanan bagi masyarakat khususnya bagi keluarga warga binaan.

“Aplikasi ini dibuat guna mengurangi interaksi masyarakat dengan petugas pada masa pandemi ini, sekaligus diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat yang membutuhkan akses layanan pemasyarakatan yang tersedia,” jelas Kalapas Kelas II A Tenggarong, Agus Dwirijanto usai meresmikan aplikasi E-Kumala di halaman kantor lapas Tenggarong, Senin (2/7/2021).

E-Kumala merupakan singkatan dari Elektronik Kunjungan Pengaduan, Informasi dan Layanan Lapas. Aplikasi ini bisa menampilkan sejumlah fitur tentang layanan kunjungan, layanan pengaduan, profil lapas dan hasil karya binaan.

Fitur unggulan dari E-Kumala selain fitur pengaduan secara online adalah fitur informasi tentang hasil karya binaan. Masyarakat dapat mengakses produk-produk Lapas Tenggarong yang dibuat oleh warga binaan dan dapat dipesan secara online juga. Tujuan dari fitur hasil karya binaan ini diharapkan dapat menambah Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebagai implementasi dari revitalisasi pemasyarakatan.

Launching ini juga wujud dari tata nilai Kemenkumham PASTI dan Lapas Tenggarong BAIK yaitu inovasi. Pihaknya juga membuka diri terhadap kritik dan saran terkait aplikasi yang tahap awal masih berbasis andorid ini, karena masih banyak kekurangan dan pembenahan yang masih perlu dilakukan, guna peningkatan akses aplikasi ini lebih baik.

Halif Shodiqulamin selaku ketua Tim Pelaksana aplikasi E-Kumala ini menuturkan bahwa hadirnya aplikasi ini salah satunya sebagai wujud responsif pihak Lapas Kelas II A Tenggarong dalam peningkatan kualitas layanan dengan cara memberikan kemudahan kepada masyarakat mengakses informasi tanpa harus datang ke Lapas.

“Peningkatan kualitas layanan dengan memberikan kemudahan kepada masyarakat yang membutuhkan informasi tentang Lapas Tenggarong tanpa harus datang langsung,” ujarnya. (ob1)

Artikel ini telah dibaca 45 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bejat! Seorang Ayah Kandung Asal Muara Kaman Perkosa Anak Kandung Sendiri

27 Mei 2024 - 19:30 WIB

Teks foto : Rilis Polres Kukar (angga/okeborneo.com)

Kedai Makanan Ditabrak Mobil PickUp Bermuatan Semangka, 1 Orang Meninggal Dunia

9 Maret 2024 - 13:03 WIB

Gitar Isi Ganja di Samarinda Tak Bertuan, BNNP Kaltim Telusuri Pengirim dan Penerimanya

6 Maret 2024 - 23:40 WIB

Mahasiswa di Samarinda Pesan Ganja Dalam Pigura Ditangkap BNNP Kaltim

6 Maret 2024 - 23:38 WIB

5,6 Kg Ganja Dimusnahkan BNNP Kaltim, 1,6 Kg Diantaranya Tak Bertuan

6 Maret 2024 - 23:34 WIB

Satu Orang Pelaku Penyalahgunaan Narkotika Kembali Diamankan Polresta Samarinda

17 Oktober 2023 - 11:26 WIB

Trending di Hukum - Kriminal